1.
Identifikasilah
a)
ciri-ciri
guru yang baik
Prof.
Dr. Saroj Buasri (1970) berpandangan bahwa guru-guru yang baik hendaknya
mempunyai tiga kualitas besar, yaitu:
·
Guru
yang baik harus mengajar dengan baik. Pengajaran yang baik berasal dari
pengetahuan tentang teknik-teknik pengajaran yang sifatnya ilmiah. Ada komitmen
untuk mempersiapkan bahan-bahan belajar dan pengakuan atas perlunya memadukan
moralitas dengan pengajaran
·
Guru baik harus terus belajar dan melakukan
penelitian untuk pengembangan dan pengetahuannya
·
Guru-guru yang baik harus membantu siswa untuk
mengembangkan kemampuannya dalam menerapkan pengetahuan, untuk membantu orang
atau masyarakat yang memerlukannya.
Para ahli dan cendikian Islam telah menetapkan beberapa ciri seorang guru yang baik. Dengan
ciri-ciri berikut, seorang guru diharapkan dapat menjadi guru yang ahli di
bidangnya. Ciri-ciri tersebut adalah:
·
Ikhlas
dalam Mengemban Tugas sebagai Pengajar
Ia
harus mempunyai falsafah hidup bahwa tugasnya tersebut merupakan bagian dari
ibadah. Tentu saja suatu ibadah tidak akan diterima Allah bila tidak disertai
dengan keikhlasan. Amat jauh perbedaan antara seorang guru yang ikhlas dan
saleh dengan seorang guru yang munafik. Seorang pelajar biasanya dapat
berprestasi karena keikhlasan dan kesalehan gurunya. Hal itu telah dijamin oleh
Allah dalam firman-Nya berikut: “Hendaklah kalian menjadi orang-orang yang
rabbani (orang yang sempurna ilmu dan takwanya kepada Allah), karena kalian
selalu mengajarkan Al-Kitab dan disebabkan kalian tetap mempelajarinya,” (QS
Ali Imran [3]: 79).
·
Memegang
Amanat dalam Menyampaikan Ilmu
Bagi
seorang guru, ilmu merupakan amanat dari Allah yang harus disampaikan kepada
anak didiknya dengan tanpa ada yang dikurangi. Ia juga harus menyampaikannya
sebaik dan sesempurna mungkin. Jika ada seorang guru menahan atau
menyembunyikan ilmu yang dimilikinya, maka ia berarti telah berkhianat pada
amanat yang telah diberikan Allah kepadanya.
·
Memiliki
Kompetensi dalam Ilmunya
Sudah
menjadi keharusan bagi seorang pengemban tugas sebagai pengajar untuk memilki
penguasaan yang cukup atas ilmu yang akan ia ajarkan. Ia juga dapat menggunakan
sarana-sarana pendukung dalam menyampaikan ilmu. Allah memerintahkan setiap
orang untuk menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan yang diinginkan-Nya. Karakter
ini berlandaskan sabda Rasulullah Saw. berikut: “Sesungguhnya Allah menyukai
seorang di antara kalian yang bila bekerja ia menyelesaikan pekerjaannya
(dengan baik),” (HR Al-Baihaqi).
·
Menjadi
Teladan yang Baik bagi Anak Didiknya
Seorang
pelajar pasti selalu melihat gurunya. Baginya, seorang guru adalah contoh
berakhlak dan bertingkah laku, seperti halnya ia mengambil ilmu darinya. Oleh
karena itu, seorang guru berpengaruh besar dalam pembentukan kepribadian
seorang murid. Rasulullah sendiri dapat mempengaruhi khalayak ramai saat itu
hanya dengan keteladanan beliau yang baik. Tidak heran bila waktu itu banyak
orang Arab yang masuk Islam secara beramai-ramai. Tentang pentingnya
keteladanan ini, Al-Quran menjelaskan dalam firman Allah Swt. berikut: “Sesungguhnya
telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian (yaitu)
bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah, hari akhir (kiamat), dan dia
banyak menyebut Allah,” (QS Al-Ahzab [33]: 21).
b)
Ciri-ciri
guru yang hebat
·
Ucapan
dan intonasinya jelas dan mudah dipahami. Siswa langsung menyerap makna dari
ucapan guru tanpa harus berpikir lama dan berputar-putar. Ucapan guru
tersistem, mantap, dan berterima dengan kejiwaan siswa.
·
Bobot
keilmuannya sangat dalam dan luas. Sehari-hari, guru hebat mengikuti
perkembangan zaman untuk memupuk keluasan keilmuannya. Tren zaman dapat cepat
dimaknai oleh guru lalu diolah dengan bahasa guru untuk disajikan ke siswanya.
·
Orangnya lugas dan sederhana. Karena yang
dihadapi adalah siswa bukan orang dewasa, guru hebat selalu menyampaikan
keilmuannya dengan lugas dan mudah diterima siswanya.
·
Bersahabat dan peduli. Guru biasa selalu
mengambil jarak dengan siswa karena menurutnya wibawa guru akan terbangun.
Namun, tidak untuk guru hebat. Guru hebat bersahabat dengan siswanya sehingga
terbangun kedekatan yang akan mempermudah berkomunikasi. Wibawa justru dibangun
dari persahabatan antara siswa dengan guru.
·
Kaya
metode dan media. Guru hebat teramat paham kalau siswa itu mudah jenuh,
dinamis, dan kreatif. Menurutnya, mengajar harus menyenangkan, dinamis, dan
kreatif. Jalan yang harus ditempuh adalah menerapkan pembelajaran dengan
multimetode dan multimedia yang sesuai dengan keinginan siswa.
2.
Jika diwajibkan memilih, apakah Anda
akan berupaya untuk menjadi "guru yang baik" ataukah ingin
menjadi "guru yang hebat"? Mengapa demikian? Tulislah minimal tiga
alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Saya akan
berupaya menjadi guru yang baik. karena:
·
Guru yang hebat belum tentu guru yang
baik.
·
Menjadi guru yang baik insya allah
akan menghasilkan siswa yang baik pula.
·
Guru yang baik merupakan idaman bagi
semua siswa, masyarakat, bangsa dan negara.
·
Guru yang baik akan membawa bangsa
dan negara Indonesia ini ke arah yang lebih baik dengan menghasilkan
generasi-generasi yang baik pula.
3.
Bagaimanakah profil ideal guru
Bahasa Indonesia di era globalisasi ini? Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda
masing-masing.
Profil ideal
guru Bahasa Indonesia di era globalisasi:
·
Guru yang mempunyai jiwa yang tulus
dan setia untuk mengajar dan mendidik siswanya.
·
Guru yang mempunyai ilmu, pengetahuan, kecakapan dan ketrampilan yang luas
dan mendalam.
·
Guru yang menguasai IPTEK, dan mampu
memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.
·
Guru
yang memiliki kemauan untuk melakukan pembaharuan dan pembaharuan dimaksud
berkenaan dengan pola pembelajaran, termasuk di dalamnya metode mengajar, media
pembelajaran, system dan alat evaluasi
·
Guru yang mampu memotivasi belajar
siswanya.
·
Guru yang mampu mengembangkan minat
dan bakat siswa.
·
Guru yang selalu memperbaharui dan
mempertajam ilmunya sejalan dengan perkembangan IPTEK. Ia harus belajar dan
terus belajar.
·
Guru yang mampu menjadi teladan yang
baik bagi siswanya.
4.
Adakah manfaat yang Anda peroleh
setelah membaca wacana itu? Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda
petik darinya.
Sumber
Bacaan
ciri-ciri-guru-hebat.html
Ciri-ciri
Guru Yang Baik dalam Mengelola Pembelajaran « Nazwadzulfa's Blog.htm
Ciri-Ciri
Guru Yang Baik_Efektif « Khoi82's Blog.htm